Mengenal Belasa Kepampang di Launching TJP Angkatan 21


Mengenal Belasa Kepampang di Launching TJP Angkatan 21



Hallo warga tekstil!

Baru-baru ini unit kegiatan mahasiswa Politeknik STTT Bandung, Teater Tjerobong Paberik (TJP) mengadakan launching untuk angkatan 21. Acara ini bertemakan “Belasa Kepampang” yang disutradarai oleh Rafi. Acara ini diadakan pada 13 Maret 2020 di Gedung Serbaguna Politeknik STTT Bandung. Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkenalkan anggota baru TJP yang berjumlah 5 orang. Dimana seluruh persiapan mulai dari naskah hingga properti panggung disiapkan oleh anggota baru dengan bimbingan dari para seniornya.

Rafi yang memiliki nama panggung Sumo ini, mengangkat tema Belasa Kepampang dengan maksud untuk mengenalkan budaya Lampung yang dikemas dalam sebuah teater. Menurutnya, di Lampung sendiri masih sangat jarang tema Belasa Kepampang digunakan dalam sebuah pertunjukan teater.  Pada umumnya, Belasa Kepampang diangkat menjadi salah satu tema seni tari di Lampung. Belasa kepampang sendiri memiliki makna pohon yang memiliki dua cabang yaitu batang lemasa dan batang sebukau. Belasa Kepampang juga sebenarnya memiliki cerita sejarah di dalamnya. Oleh sebab itu, ia berinisiatif untuk mengenalkan budaya dari daerah asalnya ke khalayak ramai.

Tema Belasa Kepampang sukses menarik rasa penasaran warga kampus Politeknik STTT Bandung dan beberapa mahasiswa dari kampus lain. Menurut salah satu penonton Andra Rizaldi, jurusan Produksi Garmen 2017 mengaku penasaran karena melihat persiapan acara dan temanya. Menurutnya, walaupun pada awal cerita ia mengaku sedikit bingung tetapi akhirnya ia dapat menangkap maksud cerita tersebut. Selanjutnya ada perwakilan undangan dari Teater Ungu kampus STBA, yaitu Rossa dan Syaza. Menurut mereka acara ini sudah memenuhi ekspektasi mereka bahkan lebih. Sayangnya, vocal para aktor kurang terdengar dari arah belakang dan menurut mereka pembawaan suasananya masih kurang terasa. “Tapi untuk keselurahan acara sih keren banget. Ceritanya juga tersampaikan dan bagus” tambahnya. Wahh, menarik sekali acara ini. Semoga TJP terus melahirkan karya-karya mengagumkan ya! Dan selamat datang untuk anggota baru TJP angkatan 21.

Penulis : Sabitara
Editor : Ranti


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Alasan Mengapa Wisuda Diundur

INAGURASI 2016 “FIBER PUNYA CERITA” MEMBUAT MASYARAKAT KAMPUS POLITEKNIK STTT TIDAK BISA MOVE ON UNTUK TERUS MENCERITAKAN SERUNYA ACARA TERSEBUT

Kacung Abdullah Angkat Bicara Mengenai Tekstil Luar Jawa