Debat Terbuka Ajang Adu Gagasan Para Calon Pemimpin Eksekutif Kampus Tekstil


Debat Terbuka  Ajang Adu Gagasan Para Calon Pemimpin Eksekutif Kampus Tekstil




Ketua Pelaksana Debat Terbuka , Trisna Dhermawan Sulaeman (Foto: Dokumen Pribadi)
Dalam rangkaian pesta demokrasi di kampus kedinasan Politeknik STTT Bandung , MPM KM-Politeknik STTT Bandung mengadakan debat untuk para calon ketua umum & wakil ketua umum Badan Eksekutif Mahasiswa serta ketua umum & sekretaris jenderal himpunan jurusan. Yang landasan kegiatan debat terbuka ini menurut Trisna tercantum pada Komisi 2 MPM KM-Politeknik STTT Bandung.


Yang menarik di kampus kedinasan Politeknik STTT Bandung ini adalalah ada tiga himpunan jurusan yang setara dengan Badan Eksekutif Mahasiswa yakni Himpunan Mahasiswa Teknik Tekstil, Himpunan Mahaiswa Kimia Tekstil, dan Himpunan Mahasiswa Barang Jadi Tekstil. Saat diwawancara pada hari Senin (23/4/19) di kampus Politeknik STTT Bandung, ketua pelaksana debat terbuka ini, Trisna Dhermawan Sulaeman mengatakan, “Tujuan debatnya jadi istilahnya meskipun  ada kampanye tapi kan yang lain (mahasiswa) belum tentu tahu , keliatan pemikiran calon (pimpinan lembaga ekspekutif kampus) itu bagaimana. Kita harus benar-benar melihat pemikiran calon itu bagaimana soalnya dia yang akan memimpin, dihimpunannya atau jadi presma yang benar-benar memimpin kampus kita. Jadi kita bisa lihat di debat ini bagaimana pemikiran dia”.

"Sebagai fasilitator, MPM KM-Politeknik STTT Bandung mempersiapkan kegiatan ini satu bulan karena selain hal teknis yang dikonsepkan secara matang, panelis yang akan didatangkan dan tempat yang strategis untuk kesuksesan acara debat terbuka ini.  Sasaran pada kegiatan ini tentu untuk seluruh mahasiswa agar mereka tahu, paham dan kenal siapa yang akan dipilih dan nantinya layak memimpin kampus Politeknik STTT Bandung", tutur Trisna.



Debat terbuka himpunan mahasiswa teknik tekstil (Foto: Dokumen Pribadi)

Untuk tema yang dibahas pada debat terbuka ini bersifat tertutup maksudnya tidak ada kisi-kisi  seperti debat presiden 2019 dan panelis yang didatangkan adalah orang-orang yang paham dan berkompeten dibidangnya serta alumni dari organisasi terkait. Untuk panelis yang didatangkan pada debat terbuka himpunan jurusan diantaranya adalah Ketua Umum Himpunan Jurusan, Dewan Pertimbangan Pengurus Himpunan Jurusan dan Alumni Himpunan Jurusan. Meskipun berpotensi adanya kebocoran, mengingat Ketua Umum yang masih menjabat menjadi panelis , Trisna menanggapi hal ini bahwa jika himpunan suatu jurusan ingin lebih baik , pastinya tidak akan membocorkan tema untuk para paslon, jika dibocorkan maka nilai kejujuran dalam perhelatan debat kali ini terasa omong kosong belaka serta berpotensi pula melahirkan pemimpin yang terus ‘disuapi’.

Debat terbuka ini merupakan salah satu rangkaian panjang pesta demokrasi di kampus Politeknik STTT Bandung yang puncaknya adalah pemilihan umum yang akan dilaksanakan tanggal 29 April 2019 di Kampus Politeknik STTT Bandung.

Penulis : Ilham Setiawan


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Alasan Mengapa Wisuda Diundur

INAGURASI 2016 “FIBER PUNYA CERITA” MEMBUAT MASYARAKAT KAMPUS POLITEKNIK STTT TIDAK BISA MOVE ON UNTUK TERUS MENCERITAKAN SERUNYA ACARA TERSEBUT

Kacung Abdullah Angkat Bicara Mengenai Tekstil Luar Jawa