Wisuda Nasional di Tengah Pandemi Covid-19

Sumber : https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2020/11/28/2083335071.jpg

Sumber : Youtube POLITEKNIK STTT BANDUNG OFFICIAL

Politeknik STTT Bandung merupakan perguruan tinggi vokasi dibawah Kementerian Perindustrian yang bergerak di bidang tekstil. Sabtu, 28 November 2020 Politeknik STTT Bandung untuk pertama kalinya melaksanakan wisuda secara daring di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, wisuda tahun ini bisa disebut wisuda nasional dikarenakan pada waktu yang bersamaan dilaksanakan juga wisuda dari 12 Politeknik dan 9 SMK-SMTI dibawah Kementerian Perindustrian yang dihadiri oleh Kepala BPSDMI Bapak Eko S.A Cahyanto,SH,LLM dan Inspekur Jenderal Kementerian Perindustrian RI Bapak Ir. Agus Gumiwang yang mewakili Menteri Perindustrian untuk memberi sambutan dan selamat kepada para wisudawan.

Upacara wisuda dilaksanakan dalam sidang senat terbuka yang dipimpin oleh Bapak Nono Chariono Chalil,S.Teks.,M.Si. Pada wisuda kali ini, Politeknik STTT Bandung sukses meluluskan sebanyak 465 wisudawan yang terdiri dari 15 lulusan Program Magister Terapan, 76 lulusan Diploma IV Program Studi Teknik Tekstil, 106 lulusan Diploma IV Program Studi Kimia Tekstil, 73 lulusan Diploma IV Program Studi Produksi Garmen, 38 lulusan Diploma IV Program Studi Produksi Garmen Konsentrasi Fashion Design, 30 lulusan Diploma IV Program Studi Produksi Garmen Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL), 18 lulusan setara Diploma II Teknologi Pemintalan kerja sama dengan PT. APAC Inti Corpora Bawen Jawa Tengah, 22 lulusan setara Diploma I Teknologi Manufaktur Pakaian Jadi kerja sama dengan PT. Mataram Tunggal Garmen Yogyakarta dan Balai Diklat Industri Yogyakarta,  29 lulusan setara Diploma I Teknologi Pemintalan kerja sama dengan API Jatim dan Balai Diklat Industri Surabaya, 29 lulusan setara Diploma I Teknologi Pertenunan kerja sama dengan PT. Kusuma Sandang Mekarjaya, Yogyakarta, dan 29 lulusan setara Diploma I Teknologi Penyempurnaan Tekstil kerja sama dengan PT. Sritex Surakarta. Tercatat 109 wisudawan lulus dengan predikat “Dengan Pujian” atau Cum Laude.

Bapak Irfandhani Fauzi, S.ST.,M.Ds selaku koordinator acara wisuda 2020 mengatakan bahwa tema wisuda nasional yang diusung kali ini adalah “Skills For The Future”. Penentuan tema ini karena Politeknik dibawah Kementerian Perindustrian RI terutama Politeknik STTT mempunyai harapan semua lulusan akan berkiprah di dunia industri, dan Politeknik STTT Bandung menghasilkan mahasiswa berkompeten serta memiliki skills di bidang tekstil. Beliau juga berharap apa yang sudah didapatkan wisudawan selama perkuliahan, dapat menjadi bekal untuk mengarungi kehidupan berikutnya.

Keputusan pelaksanaan wisuda secara daring ini diambil berdasarkan Surat Keputusan Satuan Tugas Covid-19. Selain itu, Satuan Tugas Covid-19 juga memberi izin untuk melaksanakan secara langsung dengan perwakilan terbatas, sehingga perguruan tinggi memutuskan sebanyak 45 wisudawan yang menjadi perwakilan untuk menghadiri wisuda secara langsung. Wisudawan yang menjadi perwakilan ini adalah wisudawan yang berdomisili di wilayah Bandung dan berpredikat Cum Laude. Menurut Pak Irfan, kendala dari diselenggarakannya wisuda secara daring diantaranya adalah diperlukannya foto wisudawan yang memakai toga karena foto tersebut diperuntukan untuk ditampilkan secara online. Namun, pendistribusian toga memerlukan waktu karena harus dikirim ke alamat masing-masing calon wisudawan, berbeda dengan tahun sebelumnya, wisudawan dapat datang langsung mengambil di kampus. Pendistribusian toga dimulai pada 17 November 2020 yang dilakukan secara bertahap dengan mengutamakan wisudawan yang berada di luar pulau Jawa terlebih dahulu.

Pelaksanaan wisuda secara daring ini juga menyebabkan penyambutan wisuda yang biasa dilakukan oleh adik asuh dari para wisudawan menjadi berbeda yaitu melalui video. Salah satu wisudawan angkatan 2016, Syifa Rahmadya sangat mengapresiasi penyambutan wisuda dari adik-adik asuhnya karena walaupun wisuda dilaksanakan secara online, namun mereka tetap excited untuk menyambut dengan membuat video. Ia juga berpesan untuk adik-adik tingkat “Tetap semangat dan tetap rajin kuliah walaupun dilaksanakan secara online dan jangan sungkan jika butuh bantuan atau masukan dari kakak-kakak angkatan 2016”. Selain itu, salah satu mahasiswa angkatan 2019, Ezra juga menyampaikan pesannya untuk para wisudawan “Semoga ilmu yang telah didapatkan selama empat tahun di tekstil bisa berguna untuk tekstil Indonesia yang lebih maju lagi dan bisa terus menuntun Feston 2019, adik asuh dari Fiber 2016 sehingga bisa sukses bareng-bareng nantinya”.

 

Penulis : D-wan

Editor : Cassiopeia



Komentar

  1. Whoah artikel pertama di kepengurusan baru. Tetap semangat ya kawan kawan lanjutkan menulisnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Alasan Mengapa Wisuda Diundur

INAGURASI 2016 “FIBER PUNYA CERITA” MEMBUAT MASYARAKAT KAMPUS POLITEKNIK STTT TIDAK BISA MOVE ON UNTUK TERUS MENCERITAKAN SERUNYA ACARA TERSEBUT

Kacung Abdullah Angkat Bicara Mengenai Tekstil Luar Jawa