Kacung Abdullah Angkat Bicara Mengenai Tekstil Luar Jawa



                   Jakarta, Viskosa - Kacung Abdullah merupakan salah satu pegawai di Kementrian Perindustrian RI. Beliau memegang peranan penting dalam membangun pertekstilan di Indonesia. Dewasa ini, industry tekstil berkembang pesat di wilayah Jawa. Namun bagaimana dengan luar pulau Jawa? Kacung Abdullah memegang bagian industry kecil, direktorat wilayah.1 yaitu Sumatera dan Kalimantan. Sub bidang Kerajinan dan Sandang.

Kacung Abdullah saat diwawancarai oleh viskosa
                “Tertinggal jauh dari Jawa, dan masih berpusat untuk kain adat.” Ucapnya. Beliau menegaskan bahwa untuk membuat suatu perusahaan tekstil harus memiliki wilayah industry tersendiri. Untuk membangun industry tekstil di luar Jawa mengalami berbagai kendala seperti transport dan SDM. Dan tentunya para pemegang saham akan selalu memilih jalan yang lebih menguntungkan mereka yaitu memilih di pulau Jawa. Untuk perusahaan besar masih tetap berpusat di Jawa. Namun, untuk daerah Sumatera dan Kalimantan masih perusahaan kecil atau home industry.
                Untuk saat ini ada 4 program dari Kemenperin untuk membantu usaha-usaha di daerah. Yang pertama adalah sentra, membantu usaha yang telah ada dalam masyarakat. Lalu Wira Usaha Baru (WUB) diambil dari anak-anak yang baru lulus sekolah atau para ibu-ibu yang belum memiliki kegiatan, serta cluster dan restrukturisasi. Fokus mereka terhadap WUB mulai dari pelatihan, penyediaan alat-alat serta mengumpulan masyarakat untuk berperan aktif. Memang bukan dijadikan sebagai mata pencaharian, namun dapat meningkatkan daya kreatifitas masyarakat. Ada pula yang memang sudah berproduksi dan dipasarkan di daerah sekitar. Namun, banyak pula yang memiliki nilai jual tinggi seperti kain songket Palembang, kain tapis Lampung serta Bengkulu dengan batik besure-nya. Malaysia dan Brunei dapat menjadi sasaran empuk karena memang dasarnya serumpun.
                Jika dibandingkan, Sumatera dan Kalimantan masih lebih unggul dari Sulawesi serta bagian Timur. “Tentu luar Jawa pun memiliki potensi untuk berkembang. Saya banyak bertemu orang-orang yang berpotensi tinggi namun terpendam karena keterbatasan.” Tegasnya dengan penuh keyakinan.  

Amy Lova Soga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Alasan Mengapa Wisuda Diundur

INAGURASI 2016 “FIBER PUNYA CERITA” MEMBUAT MASYARAKAT KAMPUS POLITEKNIK STTT TIDAK BISA MOVE ON UNTUK TERUS MENCERITAKAN SERUNYA ACARA TERSEBUT