Politeknik STTT Bandung Menjadi Tuan Rumah MUNAS FLMPI XXII



Politeknik STTT Bandung merupakan salah satu kampus yang berada dibawah naungan Kementerian Perindustrian. Pada tahun ini, Politeknik STTT Bandung berkesempatan menjadi tuan rumah Musyarawah Nasional Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia XXII (Munas FLMPI XXII) yang diselenggarakan pada tanggal 18-22 Januari 2019. Munas kali ini dihadiri oleh 10 kampus dari berbagai daerah yang merupakan kampus di bawah naungan Kemenperin. Kampus-kampus tersebut yaitu : Politeknik STTT Bandung, Politeknik Teknologi Kimia Industri, AK-Tekstil Solo, STMI, Politeknik APP Jakarta, Politeknik ATI Padang, Politeknik AKA Bogor, Politeknik ATK Yogyakarta, Politeknik ATI Makassar, dan Politeknik Industri Funitur dan Pengolahan Kayu Kendal

Munas FLMPI diadakan 1 tahun sekali di mana pada tahun ini tema yang diusung ialah Revitalisasi Mahasiswa Sebagai Indikator Suksesnya Implementasi  Revolusi Industri 4.0”. Dalam bahasa Indonesia tema tersebut berarti kuat dalam kekeluargaan. Tidak hanya itu, selain menjaga silaturahmi dan komunikasi, tentunya penyelenggaraan Munas juga untuk mengetahui serta membahas masalah atau kendalakendala yang terdapat di setiap institusi. Permasalahan yang dibahas tidak terbatas pada isu internal tetapi juga isu-isu global yang berdampak pada kampus-kampus yang berada di bawah Kemenperin. Dengan demikian, dapat mencari solusi bersama dengan Kemenperin dan BPSDM.

Berbeda dengan Munas sebelumnya, pada Munas kali ini kegiatan sidang dilakukan selama 2 hari, yaitu pada Sabtu dan Minggu. Acara tersebut dihadiri oleh anggota serta Demisioner FLMPI. Sedangkan pada tanggal 21 januari 2019, diadakan Seminar Nasional dengan judul Tantangan dan Peluang Pendidikan 4.0 pada Pendidikan Tinggi Vokasi Industri. Kemudian di lanjutkan dengan kegiatan Edu Expo pada siang harinya. Dengan diadakannya Edu Expo, menurut Binna Insan Mandiri selaku ketua pelaksana diharapkan dapat memperkenalkan kampus - kampus yang berada di bawah Kementerian Perindustrian kepada siswa/i Sekolah Menengah Atas yang masih ragu dalam menentukan pendidikan yang akan ditempuh kelak.

Munas FLMPI XXII menjadi suatu forum yang sangat baik untuk menyatukan seluruh perwakilan mahasiswa dari berbagai delegasi institusi di bawah Kemenperin. Di mana menjadi ajang bertukar pikiran mengenai hal-hal yang terjadi di ranah perindustrian serta wadah untuk menyalurkan berbagai keluhan dan aspirasi dari mahasiswa kepada pihak BPSDM melalui FLMPI. Munas juga merupakan sarana untuk menjalin silaturahmi antar kampus. Kegiatan ini juga bermanfaat sebagai wadah bertukar informasi, melatih soft skill seperti, berinteraksi dengan orang lain dan mengatur waktu, juga untuk memahami dunia industri.

Putri Anandi dan Nur Istiani selaku peserta mengatakan "Kegiatan Munas FLMPI XXII ini, diharapkan dapat membawa perubahan secara keseluruhan bukan hanya untuk FLMPI tetapi untuk seluruh mahasiswa atau sitas akademika pada setiap institusi. FLMPI sebagai lembaga yang mewakili mahasiswa di bawah Kemenperin, diharapkan mahasiswa dapat mengetahui fungsi dari FLMPI tersebut".


Penulis : Powergirl

Editor : J.Elvina Maria 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Alasan Mengapa Wisuda Diundur

INAGURASI 2016 “FIBER PUNYA CERITA” MEMBUAT MASYARAKAT KAMPUS POLITEKNIK STTT TIDAK BISA MOVE ON UNTUK TERUS MENCERITAKAN SERUNYA ACARA TERSEBUT

Kacung Abdullah Angkat Bicara Mengenai Tekstil Luar Jawa