APA KABAR PEMIMPIN BARU?
Bandung-LPM Viskosa, mengikuti kemenangan Donald Trump sebagai Presiden AS(Amerika Serikat) yang ke-45. Siapa sangka, Donald Trump memenangkan pemilihan secara elektoral. Dalam perhitungan suara hasil Pilpres AS 2016 yang mengejutkan, Donald Trump mengalahkan Hillary Clinton sebanyak 289 banding 218.
Donald Trump membuat pernyataan secara blak-blakan soal kebijakan perdagangan proteksi, repatriasi modal serta beberapa hal lain, salah satunya adalah imigran. Isu yang berkembang mengenai imigran yang beragama islam, bahwa Trump tidak ingin membahayakan warga AS mengenai ISIS yang menyatakan diri mereka beragama islam. Hal ini membuat warga Indonesia, khususnya yang bertempat tinggal di AS menjadi resah, takut, dan khawatir. Menurut CBSNews, saat ini ada sekitar 100 ribu warga Indonesia yang tinggal di AS.
Trump akan memulai kerja 100 harinya berniat untuk melakukan amandemen konstribusi di AS. Kemudian mengatur batasan masa jabatan anggota kongres. Termasuk melarang pejabat kongres menjadi pelobi. Dia juga akan mengancam pembekuan karyawan federal untuk mengurangi tenaga kerja.
Di sektor perdagangan, Trump akan menyiapkan perbatasan ekonomi Amerika. Dia akan melakukan negosiasi ulang terkait perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara dengan Kanada dan Meksiko. Hal ini bertujuan untuk memperdalam hubungan ekonomi antara negara-negara.
Dalam kebijakan luar negeri, Trump akan membangun tembok tinggi sebagai perbatasan AS dengan Meksiko, memperbaiki hubungan dengan Rusia dan memaksa sekutu AS berkontribusi lebih demi keamanan. Trump tidak menjamin perlindungan ke negara-negara yang masuk dalam NATO.
“Dia (Trump) tidak memiliki rekam jejak kebijakan luar negeri yang bisa dianalisis. Jadi tergantung pada retorika kampanyenya dan retorika kampanye biasanya melunak begitu menginjak realita saat menjabat,” sebut mantan Direktur Badan Intelijen AS CIA dan Badan Keamanan Nasional AS NSA, Michael Hayden, dalam jurnal online, The Cipher Brief.

Hingga saat ini kebijakan luar negeri Trump masih tidak bisa ditebak dan membuat dunia bertanya-tanya apa yang akan dia rencanakan untuk kebijakan luar negeri AS. INDIRA PUTRI DEVANI 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Alasan Mengapa Wisuda Diundur

INAGURASI 2016 “FIBER PUNYA CERITA” MEMBUAT MASYARAKAT KAMPUS POLITEKNIK STTT TIDAK BISA MOVE ON UNTUK TERUS MENCERITAKAN SERUNYA ACARA TERSEBUT

Kacung Abdullah Angkat Bicara Mengenai Tekstil Luar Jawa